Kuliner

Samarinda memiliki beberapa kuliner khas yang menggambarkan keanekaragaman budaya dan tradisi makanan daerah. Berikut adalah beberapa kuliner khas Samarinda yang terkenal:

Soto Samarinda
Soto adalah sup khas Indonesia yang juga populer di Samarinda. Soto Samarinda biasanya terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dalam kuah kaldu dengan bumbu yang kaya rasa. Dapat disajikan dengan nasi dan pelengkap seperti koya (bumbu kacang) serta jeruk nipis.

Kutai Kambing
Kutai Kambing hidangan berbahan dasar daging kambing yang dimasak dengan rempah-rempah khas. Daging kambing ini direbus dengan bumbu-bumbu tradisional sehingga menghasilkan rasa yang lezat.

Bubur Pedas
Bubur Pedas adalah hidangan bubur khas Samarinda yang memiliki rasa pedas dan gurih. Bubur ini biasanya terbuat dari beras dan daging ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu pedas.

Ikan Bakar Khas Mahakam
Karena letak Samarinda yang berdekatan dengan Sungai Mahakam, ikan bakar khas Mahakam menjadi hidangan yang populer. Ikan segar dipanggang dengan bumbu dan disajikan dengan sambal serta lalap.

Lempah Kuning
Lempah Kuning adalah hidangan ikan masak kuah khas Kutai yang menggunakan bumbu kunyit dan rempah-rempah. Kuahnya kental dan beraroma harum, biasanya disajikan dengan nasi.

Sate Bandeng
Sate Bandeng adalah hidangan sate ikan bandeng yang dimasak dengan bumbu khas. Ikan bandeng ditusuk, dipanggang, dan disajikan dengan sambal kacang.

Kue Pancong
Kue Pancong adalah kue tradisional berbentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula, dan garam. Kue ini dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur lembut di bagian tengah serta renyah di bagian pinggir.

Nasi Gandul
Nasi Gandul adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang kaya. Dapat disajikan dengan berbagai lauk-pauk dan sambal.

Kerupuk Uyut
Kerupuk Uyut adalah kerupuk yang terbuat dari tepung sagu dan ikan. Kerupuk ini biasanya digoreng hingga mengembang dan memiliki rasa yang gurih.

Ketupat Kandangan
Ketupat Kandangan adalah hidangan ketupat khas daerah Kandangan di Kutai Kartanegara yang biasanya disajikan dengan daging kambing atau sapi yang dimasak dengan bumbu khas.